Mengenal Apa Itu OSINT ( Open-source Intelligence )

Mengenal Apa Itu OSINT ( Open-source Intelligence )

OSINT atau singkatan dari Open-source Intelligence adalah Kegiatan mengumpulkan dan mengorelasikan informasi bersifat open source inilah yang disebut dengan Open Source Intelligence (OSINT). Adapun menurut Departemen Pertahanan Amerika Serikat definisi OSINT adalah Informasi yang tersedia untuk umum yang dikumpulkan, dieksploitasi dan disebarluaskan tepat waktu. 

Berbeda dengan Open-source Software, OSINT atau Open-source Intelligence yang berarti mencari informasi dari sumber yang terbuka seperti Google, Wikipedia, YouTube, Blog, Media Sosial dan masih banyak lagi.

OSINT ini sendiri sering digunakan oleh Intelejen untuk mencari informasi informasi yang nantinya untuk di analisis. Namun dari semua Informasi yang ada di Surface Web seperti Google, Bing!, Yahoo!, dan Yandex! itu hanya 5% saja yang terindeks oleh mesin pencari dan 95% informasi lainnya ada di Deep Web / Dark Web yaitu bagian terdalam internet yang tidak ada di Surface Web, di Deep Web ada banyak informasi seperti Perdagangan Obat-obatan terlarang, Narkoba, Jual Beli Senjata Ilegal, Rahasia Pemerintahan diseluruh dunia dan masih banyak lagi, untuk masuk ke bagian terdalam internet kita butuh alat khusus untuk mengakses nya.

Informasi yang telah dikumpulkan harus di analisis untuk mengetahui apakah informasi yang telah terkumpul itu valid atau tidak, karena ini adalah bagian terpenting dalam melakukan Information Gathering.

Di era digital yang sekarang ini privasi bukan lagi privasi, di media sosial ada banyak sekali informasi pribadi yang di publish, seperti nomor telepon, email dan lain sebagainya, jadi dengan mudah seseorang untuk melacak keberadaan orang tersebut.

Semua orang bisa mempelajari teknik OSINT ini, karena ada banyak tools pendukung untuk memudahkan seseorang belajar OSINT, dan mungkin nanti saya akan membahas salah satu teknik OSINT yang akan saya bagikan kepada kalian.

Mungkin ini saja penjelasan singkat dari OSINT, semoga menambah wawasan kamu.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu OSINT ( Open-source Intelligence )"

Posting Komentar

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel