Penjelasan Adware Dan Cara Mengatasinya

Penjelasan Adware Dan Cara Mengatasinya

Adware adalah program komputer yang dibuat untuk memunculkan iklan secara terus menerus dan ini akan sangat mengganggu aktifitas saat menggunakan komputer. Umumnya Adware menyerang perangkat Windows, Adware diambil dari dua suku kata yaitu Ad yang berarti iklan dan ware (software).

Darimana Asalnya Adware?

Darimana asalnya Adware yang terpasang di perangkat komputer/android ? Kesalahan ini terjadi ketika kamu meng-install aplikasi/software Berbayar secara gratis alias Software Bajakan atau dengan kata lain Software Crack. Secara logika, tidak ada developer yang memodifikasi aplikasi Berbayar menjadi Gratis dalam hal ini yaitu Software Crack tanpa maksud dan tujuan.

Developer yang memodifikasi Software Bajakan biasanya menyisipkan program jahat pada software/aplikasi yang dimodifikasinya dengan maksud dan tujuan agar si Developer mendapatkan Penghasilan dari Iklan yang ditayangkan di komputer/android pengguna nya. Dengan demikian si Developer mendapatkan penghasilan dari Software yang di modifikasinya.

Adware bisa ter-install secara otomatis ketika kamu memasang Software/Aplikasi bajakan tanpa kamu ketahui.

Cara Mengatasi Adware

Bagaimana cara mengatasi program Adware yang sangat menjengkelkan ini ? Ada 2 cara yang bisa kita lakukan ketika Komputer/Android yang terkena Adware.

1. Jangan Install Software/Aplikasi Bajakan

Ini adalah cara yang ampuh agar perangkat kita tidak disusupi oleh Adware, jangan terkecoh dengan fitur yang didapatkan dari Software/Aplikasi Bajakan, karena bisa saja disusupi Adware dan yang paling parah adalah Ransomware. 

Ada banyak Alternatif Software/Aplikasi yang serupa dengan yang kamu inginkan, misalnya Alternatif Microsoft Office, jika kamu tidak mampu untuk membeli lisensi nya kamu bisa menggunakan versi trial nya atau mencari Alternatif Microsoft Office yang fungsi nya tidak berbeda jauh dengan Software Aslinya.

2. Scanning Perangkat Komputer/Android

Jika perangkat kamu sudah terlanjur disusupi Adware, karena kebanyakan yang terkena Adware adalah OS Windows, kamu bisa meng-aktifkan kembali Windows Defender, karena pada Software/Aplikasi bajakan itu mengharuskan penggunanya untuk menonaktifkan Windows Defender sebelum installasi Software/Aplikasi Bajakan.

Setelah mengaktifkan Windows Defender, kamu bisa pasang Antivirus di perangkat kamu, Ingat! Jangan pasang Antivirus Crack. Antivirus yang sudah saya uji di perangkat android adalah Kaspersky, Antivirus Kaspersky ini bisa melakukan scanning pada perangkat yang saya miliki dan mendeteksi Adware yang terpasang diperangkat Android. Jika kamu menggunakan Komputer/Laptop bisa menggunakan Antivirus Kaspersky Versi Komputer/Laptop.

Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Adware Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel