Cara Efektif Membagi Waktu Belajar Dengan Teknik Pomodoro

 

Oke, Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membagi waktu dengan teknik pomodoro atau Pomodoro Technique. Pomodoro sendiri diambil dari bahasa italia yang berarti tomat. Teknik pomodoro pertama kali diciptakan oleh Francesco Cirilo Yang Waktu masih duduk di bangku kuliah pada tahun 1980-an, Francesco ini termasuk orang yang Sulit Fokus Belajar. Lalu dia mencari cara agar waktu belajar nya itu lebih teratur, dengan dibaginya waktu belajar dan waktu beristirahat ia bisa fokus belajar. teknik ini sendiri telah saya coba dan ini sangat membantu saya ketika sedang ngoding, baca buku dan aktifitas lainnya.

Saat Francesco mengembangkan teknik ini, ia menggunakan timer dapur yang biasa ia gunakan saat memasak, lalu ia membagi waktu belajar menjadi interval bernama "Jendela Kerja" Selama 25 Menit, lalu diseling waktu beristirahat selama 5 menit. Teknik ini dilakukan 4x25 menit. Jadi 25 menit pertama untuk waktu fokus kita lalu setelah 25 menit berlalu kamu bisa beristirahat selama 5 menit, lakukan ini selama 3x. dan 25 menit terakhir kamu bisa beristirahat panjang misalnya 30 menit waktu beristirahat

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Menggunakan Teknik Ini ? 

  1. Tentukan "Task" Yang Akan Dikerjakan

    Tentukan Dulu kamu mau melakukan aktifitas apa, misalnya mau belajar apa, mau ngoding membuat apa, dan mau baca buku apa. Jangan sampai ketika pomodoro dimulai, kamu tidak tahu mau melakukan apa. Setelah Itu Set Waktu Pomodoro nya. bisa menggunakan Alarm, Atau jika kamu melakukan teknik ini untuk ngoding, kamu bisa menggunakan extension / add-ons di browser mozilla atau chrome, jadi kamu tinggal install aja extension nya.

  2. Kerjakan "Task" Nya

    setelah pomodoro dimulai, kamu bisa langsung melakukan task nya atau kegiatan yang ingin kamu lakukan sebelumnya selama 25 menit, lalu fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan dan jangan liat waktu, tunggu sampai alarm nya berbunyi. ketika kamu sedang melakukan Task nya, dan kamu teringat dengan sesuatu yang urgent yang harus dilakukan misalnya mau balas chat dari teman atau mau beli sesuatu ke warung, itu jangan dilakukan tapi kamu bisa menuliskan apa yang ingin kamu lakukan di kertas, setelah pomodoro nya selesai baru kamu bisa melakukan nya.

  3. Istirahat

    Setelah melakukan 4x25 menit kamu bisa istirahat yang panjang selama 30 menit. Nah Kamu bisa melakukan sesuatu yang urgent itu saat beristirahat. lalu Setelah 4x25 menit pomodoro, kamu bisa mengulang kembali siklus pomodoronya atau selesai, karena 1 siklus pomodoro ini dilakukan selama 2 jam.

  4. Mengatasi Gangguan yang Urgent

    Pasti saat kamu melakukan teknik pomodoro ini akan ada gangguan seperti  teman kamu main ke rumah, atau ada yang manggil. Nah saat ini terjadi kamu bisa bilang "Bisa Tunggu Saya 5 Menit Lagi ?", itu ketika waktu pomodoronya selesai dalam 5 menit kedepan. selalu siapkan kertas atau buku saat melakukan teknik ini untuk Berjaga jaga saat kamu teringat sesuatu yang harus kamu lakukan. Siapkan apa yang kamu butuhkan saat melakukan teknik pomodoro, seperti air minum, rokok, atau kopi supaya tidak menjadi gangguan saat Melakukan teknik ini. Singkirkan apa yang menjadi gangguan misalnya notifikasi handphone, saat melakukan ini kamu bisa pakai mode airplane atau mode pesawat supaya tidak ada notifikasi masuk ketika pomodoronya berlangsung.

oke mungkin ini dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Membagi Waktu Belajar Dengan Teknik Pomodoro"

Posting Komentar

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel