Tips Aman Berselancar Di Internet

Tips Aman Berselancar Di Internet

 

Internet bukan semata mata hanya untuk bermain sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram Dan Youtube. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di internet, mungkin kamu berfikir internet itu layak dan aman untuk digunakan secara luas, tidak ada orang jahat. Sayangnya internet lebih berbahaya dari dunia nyata.

Ada banyak hal di internet yang mengerikan dan kamu tidak mengetahui itu, jika kamu sudah benar benar Paham apa itu internet, mungkin kamu menyiapkan beberapa proteksi untuk berselancar di internet.

Baik, berikut adalah Tips Aman Berselancar Di Internet.

Jangan Sebarkan Informasi Sensitif

Jangan sebarkan informasi sensitif seperti Membagikan nomor WhatsApp di sosial media, Tempat tanggal lahir. Intinya jangan sebarkan sesuatu yang menurut kamu itu bersifat pribadi dan hanya kerabat atau teman teman kamu saja yang tahu.

Gunakan autentikasi dua faktor untuk email kamu. Gunakan Password yang kuat, karena email adalah kunci untuk masuk ke semua akun media sosial kamu, iya! akun game menggunakan email, akun facebook pasti menggunakan email, Youtube juga membutuhkan email untuk mengaksesnya.
 
Jaga Privasi, media sosial bukan hanya milik kamu sendiri, ada banyak orang yang mengakses media sosial, jadi jangan sampai segala aktifitas yang sedang kamu lakukan selalu di upload ke media sosial misalnya Apa makanan favorit kamu, atau tanggal jadian kamu selalu di posting, ide bagus untuk manas manasin hati mantan, tapi hal ini bisa menjadi sangat fatal jika ada seseorang yang mengetahui segala hal yang tentangmu.

Gunakanlah Password Yang Kuat Dan Tidak Mudah Ditebak

Iya bro, password bisa di ibaratkan adalah kunci untuk masuk ke rumah, kalau misalkan password nya lemah akan memudahkan peretas untuk masuk kedalam akunmu. Dan jangan lupa, bahwa peretas atau hacker bisa mengetahui password kamu hanya dengan menebaknya saja, dari segala aktifitas kamu dimedia sosial seperti yang sudah saya jelaskan diatas itu bisa menjadi jalan sang hacker untuk diam diam masuk ke akun milik kamu, misalnya menebak password kamu adalah tanggal lahir kamu, atau tanggal jadian kamu, atau mungkin nama daerah tempat tinggal kamu.
 
Baca Selengkapnya Mengenai :  Begini Cara Cek Kekuatan Password Kamu

Gunakan Autentikasi 2 Faktor

Autentikasi 2 Faktor atau Two Factor Authentication itu adalah lapisan keamanan yang membantu untuk menjaga akun akunmu agar tetap aman, jadi kamu bisa mengaktifkan fitur ini ke semua layanan seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube itu semua memiliki fitur autentikasi 2 faktor.

Fungsi Autentikasi 2 Faktor adalah untuk berjaga jaga jika ada aktifitas yang mencurigakan seperti kalau ada yang mencoba masuk ke akun milik kamu, jadi jika hal tersebut terjadi nanti akan ada notifikasi ke email atau mungkin nomor telepon yang memberitahukan bawha ada yang mencoba untuk masuk ke akun milik kamu. Saat itu terjadi kamu akan mengetahui IP, Alamat, Perangkat apa yang digunakan dan itu akan membantu kamu untuk mengetahuinya.

Cek Akunmu Secara Berkala

Jika kamu ragu apakah data kamu pernah kebocoran atau tidak, dan itu sangat memungkinkan jadi ketika kamu mengetahui kalau data kamu pernah kebobolan, segera ganti password milik kamu, atau mungkin kamu bisa mengganti emai dan nomor teleponnya juga untuk keamanan lebih. 

Jadi jika ada salah satu Platform yang menyediakan layanan untuk kamu akses itu Kebocoran data atau bahasa keren nya Data Leaked, hal yang dilakukan oleh peretas yang membobol data tersebut adalah memperjual belikan data tersebut, Entah itu data kartu kredit kamu, atau data data penting lainnya.

Baca Selengkapnya Mengenai : Begini Cara Cek Data Pribadi Kita Kebocoran Atau Tidak

Perhatikan Protokol Apa Yang Digunakan Oleh Layananmu

ketika kamu sedang mengunjungi situs tertentu lihat URL nya, layanan yang kamu pakai itu menggunakan HTTP atau HTTPS, jika menggunakan HTTPS mungkin akan sedikit lebih aman ketimbang situs yang menggunakan HTTP. Jadi kalau layanan yang kamu gunakan adalah HTTPS, Request yang kamu kirim ke server website tersebut akan ter-enkripsi jadi pihak ke-tiga tidak akan mengetahui data apa yang kamu kirim.

Kalau misalkan Layanan kamu menggunakan itu HTTP, kamu harus mempertimbangkan kembali untuk menggunakan layanan tersebut, jadi ketika Request yang kamu kirim ke server layanan itu tidak di enkripsi sama sekali, jadi pihak ke-3 akan mengetahui data apa yang sudah kamu kirim ke server.

Jangan Mudah Percaya

Yang saya maksud adalah Phising, Spamming dan Social Engineering. 

Nah saat kamu menemukan tautan atau link yang menuju ke suatu situs mirip facebook misalnya, dari tampilan nya sama dengan situs facebook aslinya tapi yang perlu kamu perhatikan adalah nama domain nya, situs yang asli hanya di https://www.facebook.com/ bukan di alamat yang lain. Jadi kamu jangan asal klik link atau tautan. Ketika kamu memasukan username dan password di situs yang menyerupai facebook, akun facebook kamu akan diretas / dihack oleh orang lain, teknik ini disebut Phising.

Spamming adalah salah satu cara untuk menipu seseorang, pernah ada pesan masuk SMS yang berisi kamu mendapatkan uang ratusan juta ? itu disebut spamming, jadi bukan hanya pada nomor kamu tapi SMS ini dikirim secara acak / random untuk mendapatkan target nya. Dan Ketika kamu Meladeni SMS tersebut, si penipu menggunakan teknik Social Engineering dengan rayuan rayuan agar kamu tertipu.

Seperti di dunia nyata, di dunia digital/internet pun dipenuhi dengan copet, maling, perampok, dan termasuk preman. Tindakan-tindakan yang bersifat "mencegah" seperti yang sudah kita bahas diatas tentu lebih baik daripada "mengobati" alias agar tidak masuk ke lubang yang sama.

 

Oke Sekian Dari saya semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Berselancar Di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel